KRITERIA PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN

Media pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam peningkatan kualitas pembelajaran serta dapat mempengaruhi efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Untuk mencapai tingkat efisiensi dan efektivitas yang optimal, salah satu upaya yang harus dilakukan adalah mengurangi bahkan jika perlu menghilangkan dominasi sistem penyampaian materi yang bersifat verbalistik dengan cara menggunakan media pembelajaran (Hasan dkk., 2021). Sebuah media pembelajaran dipilih berdasarkan kemampuan media tersebut untuk memberi atau membangkitkan rangsangan indera penglihatan, pendengaran, pengecapan dan penciuman. Dari karakteristik tersebut, maka untuk memilih menggunakan media pembelajaran harus menyesuaikan dengan situasi pembelajaran (Suryadi, 2020).

Sehubungan dengan penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran, maka kriteria yang perlu dipertimbangkan guru atau tenaga pendidik dalam memilih media pembelajaran menurut Nana Sudjana (1990) yaitu :

1)      Ketepatan media dengan tujuan pengajaran;

2)      Dukungan terhadap isi bahan pelajaran;

3)      Kemudahan memperoleh media;

4)      Keterampilan guru dalam menggunakannya;

5)      Tersedia waktu untuk menggunakannya;

6)      Sesuai dengan taraf berfikir anak.

 

 

 

Sepadan dengan hal itu Basuki Wibawa dan Farida Mukti (1993) menyatakan bahwa kriteria yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media yaitu :

1)      Tujuan;

2)      Karakteristik siswa;

3)      Alokasi waktu;

4)      Ketersediaan;

5)      Efektivitas;

6)      Kompatibilitas; dan

7)      Biaya.

 

REFERENSI

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group. Diakses tanggal 14 Februari 2023, dari http://eprints.unm.ac.id/20720/.

Suryadi, A. (2020). Teknologi dan Media Pembelajaran Jilid 1. Jawa Barat: CV Jejak, anggota IKAPI. Tersedia dalam iPusnas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar