Pembelajaran Aktif dan Pembelajaran Pasif

Potensi penggunaan teknologi dalam bidang pendidikan untuk pembelajaran tidak selalu bergantung pada jenis teknologi, melainkan pada bagaimana teknologi tersebut dapat membantu dan melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran.

Menurut Antonietti et al., (2023) pembelajaran aktif terjadi ketika siswa memiliki kesempatan langsung untuk berinteraksi dan berlatih dengan materi yang diberikan. Dengan berinteraksi langsung dengan media pembelajaran dari perspektif kognitif, (1) siswa dapat mengaktifkan pengetahuan sebelumnya; (2) memungkinkan informasi baru untuk dihubungkan; dan (3) menyimpan pengetahuan baru yang disimpulkan.

Berbeda dengan pembelajaran pasif, siswa mempraktekkan, menerapkan dan menggunakan pengetahuan baru yang telah diajarkan kepada mereka. Pembelajaran interaktif menurut Antonietti et al., (2023) terjadi ketika peserta didik berinteraksi dengan tujuan membangun pengetahuan yang disimpulkan dari pengetahuan mereka sendiri sebelumnya dan dari informasi yang diberikan.



Antonietti, C., Schmitz, M.-L., Consoli, T., Cattaneo, A., Gonon, P., & Petko, D. (2023). “Development and validation of the ICAP Technology Scale to measure how teachers integrate technology into learning activities.” Computers & EducationVolume 192, pp. 104-648. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104648.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar